Sosialisasi Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Menindaklanjuti terbitnya Permendikbudristek No. 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan, maka Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) akan melaksanakan Sosialisasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) kepada satuan pendidikan secara daring. Sosialisasi ini diikuti oleh 1 Kepala Sekolah dan 1 Operator BOS) per satuan pendidikan/SMK untuk mengikuti dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan Sosialisasi Perencanaan Berbasis data.

Khusus wilayah Jawa Timur Kelompok 6, Sosialisasi ini diselenggarakan pada hari Senin-Selasa, 4-5 Juli 2022, dimulai Pukul 08.00 WIB - Selesai melalui Zoom Meeting. Sosialisasi ini diikuti oleh 157 sekolahan wilayah Ngawi-Nganjuk. Dan SMK WIYATA DHARMA WALIKUKUN adalah salah satu perserta dari Sosialisasi Perencanaan Berbasis Data (PBD).

Adapun materi-materi yang disampaikan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) adalah sebagai berikut :

Sosialisasi ini berjalan dengan baik sampai hari terakhir, di akhir acara Sosialisasi ini juga ada sesi tanya jawab terkait materi-materi yang sudah disampaikan. Dan sebagai tindak lanjut dari Sosialisasi yang sudah diselenggarakan, maka Setiap Sekolah harus mengerjakan Lembar Tugas (LK1 – LK5), dan batas pengumpulan tugas ini sampai tanggal 20 Juli 2022. Setelah tiap sekolah mengerjakan Lembar Tugas (LK1-LK5) maka akan ada pendampingan setiap sekolah untuk menerapkan Rapor Pendidikan.

Informasi terkait:

Link Materi: Download

Link Streaming Youtube : Lihat

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

Rapor Pendidikan menampilkan data kualitas satuan pendidikan atau daerah yang didapat dari berbagai asesmen atau survei nasional. Sebagai bentuk penyempurnaan dari Rapor Mutu, Rapor Pendidikan diharapkan bisa menjadi acuan untuk mengidentifikasi, merefleksi, dan membenahi kualitas pendidikan Indonesia secara menyeluruh.

Setelah melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) beberapa waktu lalu, kini hasil ANBK pun tervisualisasikan dalam platform rapor pendidikan. Hal ini dapat memudahkan baik pemerintah daerah (Pemda) maupun satuan pendidikan mengakses hasil ANBK untuk bahan evaluasi pendidikan.

Hal tersebut karena, Rapor Pendidikan memberikan informasi tentang hasil evaluasi pendidikan berupa Asesmen Nasional bersama sumber data lainnya. Sehingga satuan pendidikan dan pemerintah daerah dapat membuat perencanaan kebijakan dan program pendidikan secara lebih terarah, dalam upaya mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang berkualitas.

Video Terkait:



Posting Komentar

0 Komentar

advertise

Slider Parnert

Subscribe Text

YUK... DAFTAR PESERTA DIDIK BARU !!!